logo pt bima shabartum gemilang bsg
sibima training and development review mine plan design class 2022

Bima Shabartum Group (BSG) melalui program SiBima Training & Development (TnD) mengadakan pelatihan software yang umum digunakan dalam dunia pertambangan. Dalam TnD kali ini, BSG mengadakan pelatihan Mine Planning Design yang berfokus pada melatih kemampuan peserta untuk dapat memahami dasar-dasar desain awal penambangan dan menghitung cadangan sesuai dengan batasan-batasan pengukuran yang ada.

Kemampuan Mine Planning Design merupakan kemampuan dasar yang sangat penting dalam pertambangan terkhusus yang bertugas sebagai mineplan. Kemampuan Mine Planning Design ini digunakan dari awal proses pertambangan yaitu perencanaan dan perhitungan cadangan hingga bagian proses penambangan berlangsung seperti schedulling, short, middle dan long mineplan. Kemampuan ini mutlak mempengaruhi produktivitas penambangan secara keseluruhan, karena efektivitas penambangan sangat bergantung dengan kemampuan Mine Planning Design ini.

Kelas Mine Planning Design ini dilaksanakan secara online, dengan total dua pertemuan yang berlangsung pada Sabtu tanggal 25 Juni dan 2 Juli 2022 pukul 19.00 hingga 22.00 WIB. Kelas ini sengaja dilangsungkan pada malam hari, dikarenakan tidak ditemukanya jadwal yang sama untuk kelas siang sebagai akibat dair sebagian peserta adalah sudah berstatus sebagai pegawai tamabang. Sebelum pelaksanaan, peserta juga diwajibkan untuk mengikuti trial session yang dilaksanakan pada Selasa (24/5) pukul 8 malam, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengurangi kesalahan-kesalahan teknis selama pelaksanaan kegiatan pelatihan. “Sebelum hari H kami mewajibkan semua peserta untuk hadir dalam trial session, kegiatan ini kami manfaatkan untuk memberikan informasi awal materi apa saja yang akan diberikan sekaligus mendalami materi-materi khusus yang diinginkan oleh peserta. Kami juga melakukan uji coba software dan file yang akan digunakan pada hari H, semuanya kami lakukan agar pelaksanaan pelatihan bisa semaksimalkan mungkin bermanfaat bagi peserta” ungkap Akhsan sebagai ketua pelaksana program TnD ini.

Pada kelas Mine Planning Design kali ini, peserta berkesempatan untuk menerima materi dari outsource trainer yaitu Bapak Hanif Purnama Gumilar yang merupakan Section Head Mineplan di PT Putra Perkasa Abadi. “Saya berterimakasih kepada bima shabartum karena telah menyelenggarakan kelas Advance Mine Planning Design dan saya juga berterimakasih kepada pak Hanif karena telah mengajari kami semua dengan sabar dengan bahasa yang mudah dipahami. Sabar sekali menghadapi kami yang eroreror gitu. Semoga ilmunya bermanfaat. Terimakasih pak” ucap Ranty dalam testimoninya setelah mengikuti kelas Mine Planning Design ini.

BSG akan terus mengembangkan sayap kebermanfaatan dalam pelaksanaan program semacam ini, pada paruh tahun ini hingga akhir tahun BSG berencana untuk mengadakan kelas pelatihan pada tiap bulannya. Berikut adalah daftar kelas yang dibuka oleh BSG melalui program TnD:

1.       Kelas GIS

2.       Kelas Basic Mining Software

3.       Kelas Geomodelling

4.       Kelas Mineplanning Design

5.       Kelas Mine Surveyor

6.       Kelas Schedulling

Selain 6 kelas diatas, TnD juga sedang dikembangkan untuk menyediakan kelas yang diluar software pertambangan, dan juga BSG sendiri sedang mengembang program baru yang akan hadir untuk menyediakan platform pelatihan sesuai dengan karir yang ingin dikembangkan oleh peserta. “BSG akan terus berkembang dalam memberikan manfaat kepada semua insan pertambangan, baik mahasiswa, pekerja tambang ataupun SDM-SDM lain yang setingkat manajemen dalam dunia pertambangan” jelas Erik Wijaya, S.T., M.T., selaku Direktur Utama BSG.

Penulis: Akhsan

Editor: Akhsan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *