logo pt bima shabartum gemilang bsg
KONSENTRASI SIFAT FISIK DAN BERAT JENIS Jasa Konsultan Tambang dan Lingkungan Terbaik Indonesia

Konsentrasi Mineral: Peningkatan Kadar Secara Efisien dengan Sorting dan Konsentrasi Gravitasi”

Dalam industri pertambangan, proses konsentrasi mineral menjadi langkah penting untuk meningkatkan kadar bahan berharga dan menghasilkan konsentrat yang lebih bernilai. Dua metode konsentrasi yang efisien, yaitu Sorting (penyortiran) dan Konsentrasi Gravitasi, menjadi pilihan utama untuk memisahkan mineral berharga dari material tidak berharga. Artikel ini akan membahas proses konsentrasi mineral secara manual dengan Sorting, serta pemisahan berdasarkan berat jenis menggunakan Konsentrasi Gravitasi, yang masih digunakan untuk endapan plaser, seperti timah, emas, dan pasir besi.

 

  1. Sorting: Proses Peningkatan Kadar dengan Tangan Terampil

Sorting merupakan proses konsentrasi mineral berharga yang dilakukan secara manual dengan tangan. Dalam proses ini, material yang tidak mengandung mineral berharga dapat dipisahkan langsung dan dibuang. Pemisahan ini memungkinkan peningkatan kadar bahan galian dengan cara yang sederhana dan cepat.

  1. Konsentrasi Gravitasi: Memisahkan Berdasarkan Berat Jenis

Metode Konsentrasi Gravitasi adalah teknik pemisahan mineral berharga dari material tidak berharga berdasarkan berat jenis material dalam media fluida. Pemisahan ini efektif terutama untuk endapan plaser seperti timah, emas, dan pasir besi. Proses konsentrasi ini menghasilkan kelompok mineral dengan massa jenis tinggi dan massa jenis rendah. Hasil dari proses ini adalah konsentrat yang mengandung mineral berharga.

 

Tiga Cara Pemisahan Secara Gravitasi:

 

Berdasarkan Berat Jenis Media (Fluida Tenang): Metode ini memisahkan mineral berdasarkan berat jenisnya dalam fluida yang diam. Mineral dengan berat jenis tinggi akan terkumpul di bagian bawah, sedangkan mineral dengan berat jenis rendah akan berada di bagian atas.

Berdasarkan Aliran Fluida Horizontal: Pemisahan dilakukan dengan menggunakan aliran fluida horizontal yang berbeda kecepatan. Mineral berharga dengan massa jenis tinggi akan tersinkronisasi dengan fluida dan berpindah ke bawah, sedangkan material tidak berharga tetap berada di atas.

 

Berdasarkan Aliran Fluida Vertikal: Pemisahan mineral berharga dan tidak berharga terjadi melalui aliran fluida vertikal. Mineral berharga dengan berat jenis tinggi akan menuju bagian bawah, sementara material tidak berharga akan tetap berada di atas.

 

Keuntungan Konsentrasi Mineral:

Peningkatan Kadar: Proses konsentrasi mineral meningkatkan kadar bahan galian berharga, meningkatkan nilai dan kualitas produk akhir.

Pemisahan Efisien: Sorting dan Konsentrasi Gravitasi memberikan pemisahan mineral dengan efisien, mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan energi.

Pengolahan Endapan Plaser: Konsentrasi Gravitasi khususnya efektif untuk pemisahan mineral dalam endapan plaser seperti timah, emas, dan pasir besi.

 

Proses konsentrasi mineral merupakan langkah penting dalam industri pertambangan untuk meningkatkan nilai dan kualitas produk. Melalui metode Sorting dan Konsentrasi Gravitasi, mineral berharga dipisahkan dari material tidak berharga secara efisien. Peningkatan kadar dan pemisahan yang tepat membantu industri dalam mencapai hasil produksi yang berkualitas, berkelanjutan, dan berkontribusi pada perkembangan sektor pertambangan.

NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *