logo pt bima shabartum gemilang bsg
Presiden Dikelilingi 4 Menteri Berbisnis Batubara

Keterlibatan Tokoh Nasional dalam Industri Batubara: Jejak Pemimpin di Dunia Tambang

Industri batubara di Indonesia tak hanya mencakup perusahaan swasta biasa, namun juga melibatkan sejumlah tokoh nasional, termasuk para menteri kabinet. Hasil pemantauan mengungkapkan bahwa beberapa tokoh dekat presiden memiliki bisnis di sektor ini, membuka jendela pada keterlibatan elite dalam industri yang signifikan bagi ekonomi Indonesia. Berikut adalah jejak keterlibatan beberapa menteri:

1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno

Sandiaga Uno, melalui Saratoga Investama, memiliki hak milik di Adaro Energy, perusahaan tambang batubara terbesar di Indonesia. Dalam tahun 2001, Adaro Energy berhasil memproduksi 56,2 juta ton batubara dengan penjualan mencapai US$3,3 miliar, membuktikan sebagai mesin uang yang signifikan.

2. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Prabowo Subianto memiliki perusahaan Nusantara Kaltim Coal, anak perusahaan Nusantara Energy Resources yang bergerak di sektor batubara. Didirikan pada tahun 2005, perusahaan ini memiliki hak konsesi tambang batubara di Kutai Timur, Kalimantan Timur.

3. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan terlibat dalam PT Toba Sejahtra, pemilik saham mayoritas PT Toba Bara Sejahtra yang memiliki bisnis pertambangan batubara di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Dengan 16 perusahaan di bawahnya, Toba Sejahtra menjadi salah satu pemain penting dalam industri batubara.

4. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate

Johnny G Plate memiliki keterlibatan dalam komoditas batubara melalui perusahaannya, PT Mandosawo Putratama, yang memiliki saham di PT Yama Bumi Palaka. Dengan posisi sebelumnya sebagai Direktur Serenity Pacific Limited dan keterlibatan dalam perusahaan minyak, Johnny turut berkontribusi dalam dunia energi dan tambang.

Keterlibatan tokoh nasional dalam industri batubara menjadi sorotan karena dampaknya pada kebijakan dan pengelolaan sumber daya alam. Artikel ini menggali jejak bisnis para menteri dan menyoroti keterkaitan mereka dalam industri yang memiliki peran vital dalam ekonomi Indonesia.

Editor: Akhsan

Source: inilah.com

NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *