logo pt bima shabartum gemilang bsg
PERKEMBANGAN INDUSTRI TEMBAGA DI INDONESIA

Indonesia telah menyumbangkan kilau tembaga dalam kancah global, dan perjalanannya dimulai pada tahun 1936 ketika geolog Belanda, JJ. Dozy menemukan kumpulan bijih tembaga yang menjulang tinggi di Papua, dikenal sebagai Eastberg atau Gunung Bijih. Sejak dimulainya penambangan oleh PT Freeport Indonesia pada tahun 1972, Indonesia memperoleh predikat sebagai salah satu penghasil tembaga terbesar di dunia.

 

Cadangan dan Potensi Tembaga di Indonesia

Bijih tembaga tidak hanya terkonsentrasi di Papua; Indonesia memiliki cadangan dan potensi bijih tembaga yang tersebar di berbagai wilayah, seperti Aceh, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Bone, Maluku, dan Papua. Perusahaan besar seperti PT Freeport, PT Aneka Tambang, dan berbagai perusahaan lain terlibat dalam menggali kekayaan tembaga ini.

 

Perusahaan Terkemuka dan Peran Indonesia dalam Industri Tembaga Dunia

Hingga saat ini, PT Freeport, PT Aneka Tambang, dan sejumlah perusahaan besar lainnya telah menjadi pemain kunci dalam industri tembaga Indonesia. Kontribusi negara ini bukan hanya terbatas pada ekspor konsentrat tembaga, tetapi juga melibatkan peran lebih besar dalam rantai produksi.

 

Kawasan Ekonomi Khusus Gresik: Pusat Pabrik dan Smelter Tembaga Terbesar

Puncaknya, Indonesia bersiap menjadi tuan rumah bagi pabrik dan smelter tembaga terbesar di dunia. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Gresik, Jawa Timur, akan menjadi pusat produksi megah yang mengolah tembaga menjadi produk bernilai tinggi. Inisiatif ini tidak hanya memberikan dampak positif pada perekonomian nasional tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan industri lokal.

 

Dengan sejarah panjang dan potensi besar, Indonesia semakin mengokohkan diri sebagai pemain utama dalam industri tembaga global. Dengan adanya investasi besar di KEK Gresik, kilau tembaga Indonesia akan semakin bersinar dalam peta industri dunia.

NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *