FAKTOR FAKTOR PRODUKTIVITAS PENAMBANGAN

Pada proses keseluruhan proses usaha pertambangan, aktivitas penambangan memegang peranan utama atas keberhasilan keseluruhan proses. Penambangan harus berjalan sebaik mungkin dan seefisien mungkin, mengingat bahwa pada proses ini membutuhkan biaya terbesar dibanding keseluruhan proses yang lain. Namun pada pelaksanaanya terdapat banyak tantangan yang harus dilalui agar proses penambangan dapat berjalan dengan lancar, terdapat faktor-faktor yang harus terus diperhatikan yang dapat memberikan pengaruh kepada hasil produktivitas penambangan. 

FAKTOR FAKTOR PRODUKTIVITAS PENAMBANGAN

Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas penambangan pada dasarnya ada tiga:

 

1.    Faktor Material

Material memiliki dampak tersendiri dalam mempengaruhi produktivitas penambangan, beberapa satuan faktor yang diakibatkan dari faktor material ini terdiri dari:

a.   Bucket Fill Factor

b.   Swell Factor

c.   Densitas Material

d.   Ground Pressure

e.   Kekerasan dan Percent Penetration

 

2.    Effisiensi Kerja

Effisiensi kerja dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti tingkat disiplin kerja, maintenance & Repair alat, cuaca dan curah hujan, serta perawatan jalan. Karena itu biasanya effisiensi kerja dibagi menjadi dua bagian, yaitu effisiensi penggunaan alat dan effisiensi jam kerja.

 

3.    Faktor Alat

Alat yang digunakan dalam proses penambangan memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap produktivitas penambangan. Faktor-faktor ini biasnaya dibagi menjadi tiga, yaitu:

a.   Cycle Time Alat

1)   Cycle time Alat gali, dipengaruhi oleh kondisi material insitu, distribusi fragmentasi, sudut swing, keterampilan operator dan match factor

2)   Cycle time alat angkut, dipengaruhi oleh jarak angkut, kemiringan jalan, tahanan gulir, geometri jalan dan kepadanan alat (match factor)

b.   Match Factor (Faktor Kesesuaian)

c.   Kapasitas Alat

 

 

Pada artikel berikutnya, kita akan membahas lebih dalam mengenai cara menghitung effisiensi kerja dan rumus-rumus dalam menghitung cycle time alat. Stay tuned ya . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *