3 Alasan Anda Membutuhkan Konsultan Tambang

Kondisi ekonomi yang kembali pulih dari Covid 19, membuat ekonomi kembali menggeliat. Sektor pertambangan misalnya, semenjak pulih dari pandemi sektor pertambangan melesat dengan cepat. Harga batubara beberapa kali dalam tahun ini mencapai harga tertingginya dalam sejarah.

Maka dari itu, investasi di sektor pertambangan menjadi salah satu bentuk investasi yang menjanjikan. Ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan mulai menciptakan pengusaha-pengusaha baru. Konsultan pertambangan hadir untuk membantu dalam menjalankan usaha tambang. Mulai dari perizinan pembangunan usaha, perpanjangan izin usaha, dan lain sebagainya. Maka dari itu, peran dari konsultan tambang ini sangatlah penting.

Di bawah ini merupakan beberapa alasan mengapa konsultan tambang itu penting:

  1. Membantu Proses Perizinan

Pengurusan izin pertambangan berhubungan langsung dengan instansi pemerintah yang terkait, dan pekerjaan pengurusan izin juga tidak sering terjadi atau tidak kontinu. Disinilah fungsi konsultan dibutuhkan, untuk menyelesaikan pekerjaan yang hanya sesekali namun wajib terlaksana. Selain itu konsultan juga sudah terbiasa untuk berhubungan dengan instansi pemerintah yang berwewenang.

  1. Membuat Laporan Rutin

Peran dari konsultan pertambangan lainnya adalah membuat laporan secara rutin. Seorang konsultan tambang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam hal pembuatan laporan usaha tambang yang Anda jalani, mulai dari laporan harian, bulanan, laporan RKAB, dan lain sebagainya.

Jika perusahaan tambang memiliki pegawai khusus yg mengurus laporan-laporan ini maka perusahaan cenderung rugi, dikarenakan pembuatan laporan ini kebanyakan hanya sekali setahun. Akan lebih menguntungkan jika menggunakan jasa konsultan, dengan keahlianya juga yang sudah variatif sesuai kebutuhan laporan.

  1. Membuat Studi Kelayakan

Konsultan juga memiliki tugas menganalisa kerja dan dampak yang timbul dari suatu perusahaan pertambangan yang telah dijadikan objek studi. Setiap detail dari dampak kerja juga harus diketahui dan dianalisa lebih lanjut kelayakannya.

Hal tersebut dilakukan agar sebuah kegiatan eksplorasi dari pertambangan bisa memberikan dampak negatif yang seminimal mungkin. Maka
dari itu, perlu dilakukan analisa yang kuat dan juga dilakukan dengan teliti supaya hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. 
Konsultan pertambangan sangat sesuai dengan jenis pekerjaan seperti ini, mengingat perusahaan yang berfokus sebagai konsultan pertambangan cenderung memiliki tenaga ahli yang sudah lama berkarir di dunia pertambangan.

Rekomendasi Konsultan Pertambangan Terbaik

Ketika akan memilih perusahaan konsultan tambang yang akan membantu anda dalam usaha tambang anda, pastikan anda memilih konsultan dengan jasa yang lengkap. Sehingga anda bisa mendapatkan semua jenis jasa yang dibutuhkan
dalam satu perusahaan saja. Selain itu, pastikan juga bahwa perusahaan jasa tambang yang anda pilih telah terpercaya dan sudah berpengalaman pada jasa yang anda butuhkan.

Sebagai rekomendasi, Bima Shabartum Group merupakan salah satu konsultan tambang terpercaya dan terlengkap yang berdomisili di Sumatera Selatan. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 2016 dan sudah berpengalaman dalam banyak jasa pertambangan, mulai dari
pengurusan izin, penyusunan dokumen, jasa pekerjaan teknis hingga jasa reklamasi dan pascatambang.

Untuk menghubungi konsultan Bima Shabartum Group, bisa melalui website bimashabartum.co.id atau instagram bima_shabartum dan linkedIn Bima Shabartum Group. Bisa juga dengan menghubungi via WA 082374422113

Penulis: Arien

Editor: Akhsan

NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *