sondir cpt bimashabartum

Bima Shabartum Group merupakan perusahaan konsultan pertambangan terlengkap dan terpercaya yang berbasis di Sumatera Selatan, selama tahun 2022 telah menerima dan mengerjakan proyek-proyek yang berhubungan dengan pengujian daya dukung tanah, mulai dari pengeboran hingga pelaksanaan test sederhana seperti Sondir (CPT / Cone Penetration Test). Pengujian Sondir sangat diperlukan untuk melihat daya dukung tanah pda wilayah yang akan digunakan untuk tapak proyek tertentu, biasanya berupa proyek kontruksi atau pembuatan tanggul.

 

Pada awal Agustus Bima Shabartum tim telah mengerjakan proyek pengujian Sondir di PT Bara Anugrah Sejahtera (BAS). Pengujian sondir ini sebanyak 6 titik di sepanjang salah satu anak sungai Enim. Pengujian daya dukung tanah di sekitaran wilayah ini ditujukan untuk melihat kemampuan awal lokasi untuk pembangunan proyek tanggul dalam rangka mengubah arus anak sungai Enim. Hal ini perlu dilakukan dikarenakan adanya rencana pelebaran pit penambangan PT BAS untuk mencapai target produksi tahunannya.

 

 

Tim Bima Shabartum yang berjumlah 4 orang mulai pengerjaan proyek ini pada Senin, tanggal 8 Agustus 2022 dan selesai kegiatan pengukuran pada Sabtu, 13 Agustus 2022. Pekerjaan memakan waktu hingga 6 hari dikarenakan beratnya meda pengerjaan pengukuran, tim harus melewati sungai dan juga perbedaan elevasi yang cukup signifikan menjadi tantangan utama dalam pengerjaan pengukuran dan pengujian ini. Perlu diketahui bahwa Bima Shabartum melaksanakan proyek semacam ini telah menggunakan alat sendiri, demi dapat menekan cost sehingga dapat memberikan harga terbaik kepada klien.

 

Dalam pelaksanaan proyek ini, sebagai konsultan yang menyediakan jasa terlengkap Bima Shabartum melakukan kontrak pengerjaan hingga penyusunan dokumen laporan pengujian yang sesuai dengan standar ESDM. “pengambilan data sondir secara langsung pada 6 titik ini memang cukup berat, medan dan kondisi cuaca menjadi halangan utama pelaksanaan proyek ini, sehingga kami harus melakukan mobilisasi manual. Namun kami dapat melaksanakan ini hingga selesai dan saat ini kami berfokus untuk menyusun dokumen laporan pengujian sondir ini” jelas Wahidin selaku Ketua Pelaksana Proyek ini.

 

 

 

“Jasa pengujian sondir atau CPT merupakan salah satu jasa yang dimiliki oleh Bima Shabartum Group secara mandiri, karena kami telah memilki tim khusus untuk pengerjaan proyek semacam ini dan juga telah memilki alat sendiri. Kedepan janis-jenis proyek lain juga akan menjadi mandiri seperti dengan melengakapi beberapa alat investasi yang dibutuhkan seperti alat bor SPT dan Lidar untuk pemetaan”, ungkap pak Erik selaku Direktur Bima Shabartum Group.

 

Penulis: Wahidin

 

Editor: Akhsan

 

NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *