logo pt bima shabartum gemilang bsg
sondir cpt bimashabartum

Pentingnya Pengujian Daya Dukung Tanah oleh Bima Shabartum Group: Studi Kasus di PT Bara Anugrah Sejahtera

Bima Shabartum Group, perusahaan konsultan pertambangan terlengkap di Sumatera Selatan, menunjukkan dedikasinya melalui proyek pengujian daya dukung tanah di PT Bara Anugrah Sejahtera (BAS). Melalui pengujian Sondir yang dilakukan di sepanjang anak sungai Enim, tim Bima Shabartum mencoba memberikan solusi terbaik untuk mendukung rencana pelebaran pit penambangan PT BAS.

1. Pentingnya Pengujian Sondir dalam Proyek Infrastruktur

Proyek ini menyoroti kebutuhan akan pengujian daya dukung tanah, terutama dalam konteks proyek konstruksi dan pembuatan tanggul. Bima Shabartum Group memberikan layanan lengkap mulai dari pengeboran hingga implementasi tes sederhana seperti Cone Penetration Test (CPT) atau Sondir.

2. Lokasi Proyek dan Tantangan yang Diatasi

Proyek pengujian Sondir di PT BAS melibatkan pengukuran di 6 titik sepanjang anak sungai Enim. Tim Bima Shabartum menghadapi tantangan besar, termasuk melintasi sungai dan mengatasi perbedaan elevasi yang signifikan. Meskipun memakan waktu 6 hari, tim berhasil menyelesaikan proyek dengan hasil yang memuaskan.

 

3. Konsultan Terlengkap dengan Alat Sendiri

Bima Shabartum Group membedakan dirinya dengan memiliki tim khusus dan peralatan sendiri untuk pengujian Sondir atau CPT. Selain memberikan solusi terpadu dari kontrak pengerjaan hingga penyusunan dokumen laporan sesuai standar ESDM, perusahaan ini juga dapat menekan biaya dengan menggunakan alat sendiri.

4. Komitmen Bima Shabartum Group untuk Masa Depan

Dalam wawancara, Direktur Bima Shabartum Group, Erik, menegaskan bahwa pengujian Sondir adalah salah satu jasa yang dimiliki secara mandiri. Perusahaan ini berkomitmen untuk mandiri dalam jenis proyek lain dengan melengkapi beberapa alat investasi, termasuk alat bor SPT dan Lidar untuk pemetaan.

 

 

5. Fokus pada Kualitas dan Dokumentasi yang Tepat

Ketua Pelaksana Proyek, Wahidin, menekankan tantangan medan dan cuaca dalam proyek ini. Namun, fokus tim saat ini adalah menyusun dokumen laporan pengujian Sondir sesuai standar ESDM. Ini menunjukkan komitmen Bima Shabartum untuk memberikan layanan kualitas dan memastikan setiap proyek didokumentasikan dengan benar.

Artikel ini memberikan pandangan mendalam tentang pentingnya pengujian daya dukung tanah, ditampilkan melalui proyek terbaru Bima Shabartum di PT Bara Anugrah Sejahtera. Dengan fokus pada kualitas, keberlanjutan, dan layanan terpadu, Bima Shabartum Group memposisikan diri sebagai pemimpin dalam industri konsultan pertambangan di Indonesia.

Penulis: Wahidin

 

Editor: Akhsan

NEWS

satu Respon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *