PERAN SOFTWARE TAMBANG PADA TAMBANG NIKEL

Industri pertambangan di Indonesia belakangan ini semakin menggeliat, terutama pertambangan nikel di Indonesia bagian timur. Pertumbuhan industri pertambangan nikel ini didukung oleh semakin canggihnya software pertambangan yang digunakan untuk membantu proses pertambangan dari fase perencanaan hingga proses distribusi dan penjualan.

Software pertambangan mutlak memeberikan pengaruh yang sangat besar untuk kemajuan industri pertambangan di Indonesia. Penggunaan software dalam membaca dan menyediakan data dari proses awal pertambangan hingga akhir tambang telah mennjadi acuan dasar dalam proses pertambangan itu sendiri.

  1. Peran Software pada fase Modelling

Dalam pertambangan nikel, proses pemodelan ore bijih sangat mempengaruhi keseluruhan proses penambangan setelahnya. Karena itu pemodelan sumberdaya dan cadangan ore harus benar-benar akurat sesuai dengan keadaan aslinya. Proses pemodelan dimulai dari pengeboran geotek untuk pengambilan sample, hingga input data sample dalam software. Software akan secara otomatis menggambarkan secara 3D bagaimana kondisi dan bentuk ore yang akan ditambang. Selain itu software juga bisa melakukan perhitungan volume ore dengan beberapa parameter yang tersedia.

  1. Peran Software pada Pit Optimasi

Pada dasaranya proses pit optimasi adalah usaha untuk memaksimalkan pengambilan material tambang sebanyak-banyaknya dengan tetap memperhatikan keamanan dan nilai ekonomisnya. Dari sekian banyak sumberdaya yang tersedia, akan didapat angka maksimal yang bisa diambil, yang kemudia kita sebut sebagai cadangan. Pada fase ini, dengan memanfaatkan software tambang, kita bisa lebih mudah dalam membuat rancangan yang maksimal demi mendapatkan nilai cadangan sebar-besarnya.

  1. Peran Software pada Mineplan Desain

Dalam merencanakan desain penambangan, perlu melihat beberapa faktor seperti, faktor keamanan, faktor ekonomis dan faktor sosial serta lingkungan. Dengan menggunakan software tambang, kita bisa dengan mudah memasukkan faktor-faktor ini untuk melihat batasan-batasan perencanaan yang maksimal. Membuat desain tambang secara 3D di software juga memudahkan para pekerja tambang untuk merealisasikan rencana penambangan.

  1. Peran Software pada Schedulling Tambang

Penjadwalan proses penambangan akan sangat rumit dan sulit dimengerti oleh pekerja lapangan, mengingat terdapat beberapa shift dalam proses kerja. Dengan adanya software, penjadwalan penambangan cenderung jadi lebih mudah dan terencana dengan lebih rapi dan teratur. Selain itu pembuatan jadwal pekerjaan dalam software juga sudah berjalan secara otomatis, sehingga dapat menghemat waktu perhitungan.

 

 

Penulis: Rohmah

Editor: Akhsan

NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *