logo pt bima shabartum gemilang bsg
Penyusunan Dokumen Laporan RKL/RPL PT BPI

Bima Shabartum Group: Menguatkan Keterlibatan Sosial di Projek Lingkungan

Bima Shabartum Group, sebuah perusahaan konsultan pertambangan terpercaya berbasis di Sumatera Selatan, memperkuat keterlibatannya dalam projek-projek sosial yang terkait dengan masyarakat sekitar tambang. Pada tahun 2022, fokusnya terutama pada penyusunan dokumen Rencana Induk Pengolahan dan Pemberdayaan Masyarakat (RIPPM) dan Pemantauan Sosial, Ekonomi, dan Budaya (Sosekbud), sebagai bagian dari pemantauan lingkungan yang diamanatkan dalam dokumen lingkungan perusahaan klien.

Terjun Langsung ke Masyarakat

Pada awal Agustus 2022, tim Bima Shabartum menjalankan proyek penyusunan laporan Rencana Pemantauan Lingkungan dan/atau Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL/RPL) untuk PT Bukit Pembangkit Innovative (PT BPI). Proyek ini merupakan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbasis batubara di Kecamatan Merapi Timur, dengan transmisi mencapai Kecamatan Lahat melalui Kecamatan Merapi Barat hingga berakhir di Kelurahan Pagar Agung.

Dialog dengan Masyarakat Terdampak

Tim Bima Shabartum secara langsung berinteraksi dengan tokoh masyarakat dan perangkat desa di Desa Sirah Pulau dan Desa Gunung Kembang. Fokusnya adalah mendiskusikan dampak langsung dari kegiatan PT BPI. Wawancara langsung dan pembagian sembako dilakukan untuk memudahkan pengambilan data primer yang dapat mencerminkan pandangan masyarakat.

Pendekatan Teknis yang Komprehensif

Pemantauan teknis turut dilakukan, termasuk pemantauan medan elektromagnetik pada beberapa tower transmisi yang mungkin memiliki dampak negatif pada masyarakat. Bima Shabartum menjalin kemitraan dengan ahli elektromagnetik dari Disnaker Palembang untuk memastikan keberlanjutan kegiatan dengan meminimalkan dampak pada lingkungan dan masyarakat.

Komitmen pada Dokumentasi Lingkungan

Menyusun dokumen pelaporan RKL/RPL telah menjadi keahlian khas Bima Shabartum Group. Mereka telah sukses menangani beberapa projek serupa, menunjukkan komitmen mereka pada transparansi dan keberlanjutan dalam aktivitas pertambangan dan lingkungan.

Kesimpulan: Perjalanan Menuju Konsultan Terpercaya

Bima Shabartum Group terus berbenah dan berkembang, menyediakan jasa konsultan yang diperlukan oleh berbagai jenis klien, termasuk PLTU. Dengan fokus pada keterlibatan sosial dan pemantauan lingkungan, perusahaan ini mendedikasikan diri untuk menciptakan dampak positif dalam masyarakat lokal dan lingkungan sekitarnya.


Penulis: Reno

Editor: Akhsan

NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *