logo pt bima shabartum gemilang bsg

Sizing adalah suatu proses pemisahan partikel partikel secara mekanis berdasakan ukuran dan hanya dapat di lakukan pada partikel yang berukuran relatif kasar. Pemisahan dilakukan diatas ayakan berupa batang batang sejajar plat berlubang atau ayakan kawat yang dapat meloloskan material atau tidak dapat meloloskan material. Material yang tidak lolos atau tinggal diatas ayakan di sebut over size (material T), sedangkan yang lolos di sebut undersize. Sizing dilakukan dalam beberapa cara yaitu :

 

1.     Screening/Sieving

Screening adalah suatu proses tembusan partikel menurut ukurannya dengan jalan menyaring jika partikel relatif kasar dengan alat khusus dimana ayakan yang digunakan dalam posisi yang besar, tetapi screen yang khusus (sieve analysis) dapat di gunakan untuk pemisahan sampai ukuran sehalus 325 mesh. Klasifikasi screen terdiri dari fixed screen (rail grizzly, cantilever grizzly, moving screen, self cleaning grizzly) dan moving screen (grizzly, vibrating screen, tromel screen, shaking screen).

 

2.     Clasifying

Merupakan proses pemisahan material atas dasar kecepatan jatuh material tersebut dalam suatu fluida. Jika material mempunyai ukuran sama dipisahkan berdasarkan perbedaan densitasnya di sebut dengan sorting. Jenis – jenis alat classifier yaitu sorting classifer dan sizing classifier.

Penulis: Rohmah
Editor: Arien

NEWS

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *