logo pt bima shabartum gemilang bsg
amdalnet aplikasi persetujuan lingkungan konsultan tambang indonesia terpercaya terbaik terbesar

AMDALNET: Solusi Digital untuk Mempermudah Proses Persetujuan Lingkungan di Indonesia

AMDALNET (Aplikasi Online Persetujuan Lingkungan) hadir sebagai terobosan baru dalam proses persetujuan lingkungan di Indonesia. Sistem informasi ini merupakan subsistem dari Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), yang terintegrasi dengan Sistem Perizinan Berusaha Berbasis Resiko OSS-RBA BKPM melalui Hub OSS KLHK sesuai amanah PP 22 Tahun 2021.

Manfaat Utama AMDALNET:

  • Mempermudah Proses Pelayanan Dokumen Lingkungan: AMDALNET memberikan kemudahan bagi pemrakarsa dan pemerintah dalam mengurus dokumen lingkungan hidup. Prosesnya menjadi lebih transparan, efisien, dan terdokumentasi dengan baik.
  • Penyusunan Dokumen Lingkungan yang Lebih Mudah: Sistem ini menyediakan panduan dan template yang memudahkan penyusunan dokumen lingkungan hidup sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Percepatan Penilaian dan Pemeriksaan Dokumen: Proses penilaian dan pemeriksaan dokumen lingkungan hidup menjadi lebih cepat dan akurat dengan dukungan teknologi AMDALNET.
  • Pelacakan Dokumen yang Mudah: AMDALNET memungkinkan pelacakan dokumen, informasi, dan data penting terkait proses penilaian dan pemeriksaan dokumen dengan mudah.
  • Keterbukaan Informasi dan Transparansi: Masyarakat, pelaku usaha, dan pemerintah dapat memantau proses penerbitan persetujuan lingkungan secara transparan melalui AMDALNET.
  • Membantu Pengambilan Keputusan: AMDALNET menyediakan informasi yang lengkap untuk membantu pengambilan keputusan terkait kelayakan/ketidaklayakan lingkungan hidup terhadap usaha dan/atau kegiatan.

Perubahan Penting per 1 Mei 2024:

Mulai 1 Mei 2024, terdapat perubahan penting dalam penggunaan AMDALNET, yaitu:

  • Pembuatan Rencana Usaha/Kegiatan melalui OSS-RBA: Pemrakarsa pelaku usaha tidak lagi dapat membuat rencana usaha dan/atau kegiatan secara mandiri di AMDALNET.
  • Proses Penapisan Berbasis Proyek OSS-RBA: Pemrakarsa pelaku usaha hanya dapat memproses penapisan berdasarkan proyek yang telah dibuat di OSS-RBA.

Akses AMDALNET:

AMDALNET dapat diakses melalui tautan berikut: https://amdalnet.menlhk.go.id/

Kesimpulan:

AMDALNET merupakan solusi digital yang inovatif untuk mempermudah proses persetujuan lingkungan di Indonesia. Dengan memanfaatkan AMDALNET, pemrakarsa, pemerintah, dan masyarakat dapat bekerja sama secara lebih efektif dalam mencapai kelestarian lingkungan hidup.

Sumber Informasi:

 

share to

NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *