Pengaruh Kompetensi Pekerja Tambang Terhadap Produktivitas Penambangan

Skill atau kemampuan pekerja tambang, baik sebagai operator alat maupun engineer memegang peranan yang sangat vital terhadap pencapaian produktivitas penambangan. Skill atau kemampuan pekerja ini pada dasanya dipengaruhi oleh kompetensi yang dimilikinya. Kompetensi yang dimiliki oleh pekerja tambang dapat terkonfirmasi dari sertifikat kompetensi yang dimilikinya.

Skill atau kemampuan pekerja memang tidak bisa diukur dengan angka, namun pengaruh dari skill atau kemampuan pekerja ini akan terlihat pada hasil akhir pekerjaan. Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa pekerja sudah memiliki kompetensi sesuai dengan porsi pekerjaanya.

Selain untuk memastikan kemampuan dasar yang dimiliki oleh pekerja, sertifikasi kompetensi juga terbukti dapat mengurangi angka kelalaian hingga kecelakaan kerja di area tambang. Hal ini dikarenakan, pekerja yang sudah bersertifikat kompetensi cenderung telah memahami dasar-dasar dalam keselamatan kerja.

Pada dasarnya pengaruh kompetensi terhadap produktivitas penambangan adalah sebagai berikut:

1.  Semakin banyak dan semakin baik kompetensi yang dimiliki pekerja tambang, maka nilai produktivitas penambangan cenderung semakin besar.

2.   Semakin banyak pekerja tambang yang bersertfikat kompetensi, tingkat kemungkinan kecelkaan kerja selama aktivitas penambangan cenderung lebih kecil.

Hal-hal yang dapat dilakukan perusahaan terhadap pekerja tambang untuk meningkatkan produktivitas penambangan keseluruhan:

1.   Meningkatkan kompetensi para pekerja melalui kegiatan internal development seperti in-house training atau sharing session sesama pekerja.

2.  Memberi kesempatan pada semua pekerja untuk meningkatkan kompetensi melalui kelas kompetensi bersertifikat resmi, jika perlu perusahaan dapat membiayai pekerja untuk mengikuti kelas kompetensi.

3.     Mencantumkan persyaratan kompetensi minimal pada saat perekrutan pekerja tambang.

4.   Melakukan inspeksi teratur terhadap pemahaman dalam kompetensi dasar pekerja tambang.

NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *