logo pt bima shabartum gemilang bsg
penapisan dokumen lingkungan konsultan tambang indonesia terpercaya terbaik terbesar

Penapisan Dokumen Lingkungan: Panduan Memilih Jenis Dokumen yang Tepat

Penapisan dokumen lingkungan merupakan langkah awal yang krusial dalam proses perizinan usaha dan/atau kegiatan di Indonesia. Tujuannya adalah untuk menentukan jenis dokumen lingkungan yang wajib disusun oleh penanggung jawab usaha/kegiatan, antara lain:

  • Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL): Diwajibkan untuk usaha/kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan hidup.
  • Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL): Diwajibkan untuk usaha/kegiatan yang berdampak sedang terhadap lingkungan hidup.
  • Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan Hidup (SPPL): Diwajibkan untuk usaha/kegiatan yang berdampak ringan terhadap lingkungan hidup.

Pedoman Penentuan Jenis Dokumen:

  • Peraturan Menteri LHK No. 4 Tahun 2021: Peraturan ini memuat daftar usaha/kegiatan yang wajib memiliki AMDAL, UKL-UPL, dan SPPL.
  • Lampiran I: Berisi daftar usaha/kegiatan wajib AMDAL yang dikategorikan berdasarkan Klasifikasi Baku Usaha Indonesia (KBLI).

  • Lampiran II: Berisi daftar usaha/kegiatan wajib UKL-UPL dan SPPL, termasuk usaha/kegiatan yang tidak tercantum dalam KBLI (Non-KBLI).

Proses Penapisan:

  1. Akses Akun AMDALNET: Penanggung jawab usaha/kegiatan dapat melakukan penapisan melalui akun AMDALNET yang telah terintegrasi dengan OSS-RBA.
  2. Isi Data Usaha/Kegiatan: Lengkapi informasi terkait jenis usaha/kegiatan, lokasi, luas area, dan data lainnya yang diperlukan.
  3. Sistem Otomatis Menentukan Jenis Dokumen: Sistem AMDALNET akan secara otomatis menentukan jenis dokumen yang wajib disusun berdasarkan data yang telah diinput.
  4. Hasil Penapisan Dapat Dicetak: Hasil penapisan dapat dicetak dan disimpan sebagai bukti telah dilakukannya penapisan dokumen lingkungan.

Manfaat Penapisan Mandiri:

  • Mempermudah dan Mempercepat Proses Perizinan: Penanggung jawab usaha/kegiatan dapat mengetahui jenis dokumen yang harus disusun tanpa perlu menunggu arahan dari instansi lingkungan hidup.
  • Meminimalisir Kesalahan: Sistem penapisan otomatis membantu meminimalisir kesalahan dalam menentukan jenis dokumen yang tepat.
  • Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas: Proses perizinan menjadi lebih efisien dan efektif dengan penerapan penapisan mandiri.

Kesimpulan:

Penapisan dokumen lingkungan merupakan langkah penting bagi penanggung jawab usaha/kegiatan untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan memanfaatkan sistem penapisan mandiri di AMDALNET, proses perizinan usaha/kegiatan dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan efisien.

share to

NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *