logo pt bima shabartum gemilang bsg
ingin bekerja di pertambangan? wajib kuasai hal ini


Berkarir di industri pertambangan sudah menjadi cita-cita di kalangan anak muda dan mahasiswa. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, mengingat gaji bekerja di pertambangan cenderung besar dan gengsi pekerjaan ini juga tinggi di masyarakat Indonesia. Indonesia sendiri memiliki wilayah persebaran tambang yang banyak, baik itu di daerah Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, hingga di bagian ujung Papua.

Namun, banyak dari peminat dari profesi ini tidak benar-benar berakhir berkarir di profesi ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dalam profesi ini. Pengetahuan-pengetahuan dasar mengenai profesi ini seperti syarat-syarat yang harus dikuasai ataupun langkah-langkah sederhana yang harus dilakukan oleh peminatnya malah cenderung tidak dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa hal-hal sederhana yang harus diketahui dan dikuasai sebelum berencana masuk ke profesi industri pertambangan.

Cari Tahu Latar Belakang Perusahaan

Di Indonesia sendiri ada beragam jenis tambang. Mulai dari pertambangan yang mengolah minyak bumi,  batu bara, emas, timah, lalu bijih besi, hingga tembaga. Sebelum memutuskan untuk Bekerja di Pertambangan, hendaknya mencaritahu dulu mengenai jenis perusahaan tambang apa yang ingin dimasuki.

Mencari tahu mengenai seluk-beluk perusahaan tambang, akan memudahkan anda untuk membedakan hal-hal yang krusial di dalamnya. Seperti lokasi kerjanya, jenis-jenis pekerjaannya, kemudian bagaimana tingkat kesejahteraan dan konflik yang terjadi di daerah penempatan, hingga bisa mencari tahu juga mengenai kisaran gaji yang kemungkinan Anda terima.

Memutuskan untuk mendaftar kerja di pertambangan tanpa mengetahui latar belakang perusahaan, merupakan langkah yang keliru. Hal ini membuat persiapan Anda menjadi kurang maksimal.

Persiapkan CV dan resume dengan maksimal

Dalam tahapan mendaftar Bekerja di lokasi tambang, sebenarnya ada beragam caranya. Ada yang bisa dimasuki melalui event job fair, melalui pendaftaran online, hingga  mendaftar dengan mengirim langsung berkas ke kantor pusat pertambangan tersebut.

Namun walaupun ada berbagai cara, satu hal yang pasti diminta untuk diampirkan adalah CV dan resume. Inilah yang akan menjadi pertimbangan apakah anda cocok atau tidak. Karena itu, mempersiapkan CV dan resume tidak boleh setengah-setengah, karena berdampak besar pada bagaimana representasi dirimu di bagian HRD perusahaan.

Buatlah CV dan resume dengan menekankan aspek-aspek skill yang anda miliki, yang berhubungan dengan kebutuhan kerja di bagian pertambangan. Tuliskan dalam bentuk soft skill maupun hard skill, karena keduanya penting dalam proses bekerja.

 

Persiapkan dengan mengikuti pelatihan

Tahapan ini masih berhubungan dengan penyempurnaan CV dan resume. Seperti yang diketahui, Bekerja di perusahaan tambang memiliki sistem kerja dan operasionalnya sendiri. Ternyata saat ini bisa dipelajari melalui pelatihan-pelatihan kerja yang diselenggarakan untuk umum.

Pelatihan ini diadakan bertujuan untuk memudahkan para calon pelamar untuk mendapatkan surat kelayakan atau sertifikat layak bekerja di pertambangan. Sertifikat inilah yang bisa melengkapi CV dan resume Anda, agar terlihat lebih mapan untuk bekerja di tambang.

Kuasai Software Pertambangan

Menguasai software pertambangan sudah menjadi wajib bagi semua peminat industri pertambangan. Dengan zaman yang semakin canggih, pengoperasian software memegang peranan penting dalam membantu industri pertambangan untuk dapat beroperasi pada kondisi paling optimal. Dengan demikian menguasai software akan menjadi nilai tambah bagi mereka yang ingin masuk ke dalam industri pertambangan ini.

Penulis: Arien

Editor: Akhsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *