logo pt bima shabartum gemilang bsg

FAKTOR MATERIAL DALAM PRODUKTIVITAS PERTAMBANGAN

 

Faktor Material merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi produktivitas pertambangan dan merupakan faktor bawaan sesuai dengan jenis batuan dan dimana lokasi pertambangan dilaksanakan, yang artinya nilai dari faktor-faktor ini tidak dapat dirubah. Berikut adalah faktor-faktor yang tergabung dalam faktor material yang mempengaruhi produktivitas:

 

 

  1. Swell Factor

Swell factor merupakan angka yang menunjukkan perbandingan antara volume material alami (insitu) dan volume material lepas. Biasanya angka swell factor disajikan dalam bentuk persen. Angka swell factor sangat mempengaruhi perhitungan produktivitas terutama produktivitas alat angkut.

  1. Densitas Material

Densitas Material adalah nilai yang didapat dari perbandingan massa material terhadap volume material. Densitas material akan mempengaruhi perhitungan produksi penjualan.

  1. Bucket fill factor

Atau yang biasa disebut Bff adalah nilai perbandingan antara volume material yang bisa digali oleh bucket alat gali terhadap volume material yang bisa digali berdasarkan spesifikasi alat. Nilai Bff ini sangat mempengaruhi produktivitas alat gali muat.

  1. Kekerasan, Persen Penetration & Digging Resistance

Tiga hal ini merupakan faktor yang menjadi satu kesatuan dalam mempengaruhi proses penggalian. Semakin keras material yang digali, maka semakin besar nilai digging resistance sehingga akan menjadikan nilai persen penetration semakin kecil yang berarti semakin kecil volume yang tergali.

  1. Ground Pressure

Ground Pressure merupakan nilai tahanan tanah terhadap tekanan yang diberikan oleh berat dari alat berat ketika beroperasi di wilayah pertambangan

NEWS