logo pt bima shabartum gemilang bsg

Harus Kenali 7 Alat-alat Pendukung Penambangan Ini

Pada proses penambangan alat yang beroperasi tidak hanya Alat Gali Muat dan Alat Angkut lho sobat, berikut adalah beberapa alat berat yang lazim turut serta dalam proses penambangan:

1. Motor Grader

Yaitu alat berat dengan pisau panjang atau yang biasa disebut blade yang digunakan untuk meratakan permukaan dalam proses pekerjaan perataan. Umumnya grader memiliki tiga as roda, dengan mesin dan kabin berada di atas as roda belakang di satu ujung kendaraan dan as ketiga pada bagian ujung depan kendaraan, dengan blade berada di antaranya. Di beberapa negara grader dilengkapi dengan blade kedua yang ditempatkan di bagian depan as roda depan. Rentang kapasitas blade adalah dari 2,50 sampai 7.30 m serta rentang kapasitas mesin mulai dari 93–373 kW (125–500 hp).

 

Motor Grader memiliki peran yang sangat penting di wilayah operasi pertambangan, mengingat wilayah penambangan merupakan wilayah tanah terbuka dengan kondisi awal yang tidak rata. Dalam proses pembuatan jalan di tambang, grader sangat dibutuhkan agar jalan yang dibuat bisa serata mungkin dan semudah mungkin untuk dilalui oleh kendaraan angkut tambang.

2. Bulldozer

Merupakan jenis peralatan pertambangan bertipe traktor yang menggunakan track atau rantai serta dilengkapi dengan pisau atau yang biasa kita sebut sebagai blade yang terletak di depan. Bulldozer diaplikasikan untuk pekerjaan menggali, mendorong dan menarik material. Selain blade sebagai perlengkapan standar Bulldozer, pada sisi belakang Bulldozer bisa dipasang perlengkapan tambahan berupa:

  • Ripper untuk membongkar material yang tidak dapat digali menggunakan blade, biasanya untuk pekerjaan pembuatan jalan tambang.
  • Winch untuk menarik material, sering digunakan pada pekerjaan pengeluaran kayu di hutan atau saat land clearing tmabang

Unit yang banyak di pakai di dunia pertambangan adalah unit yang diproduksi oleh pabrikan asal jepang yang bernama KOMATSU, unit komatsu banyak tersebar hampir di semua pertambangan batubara di indonesia.

3. Water Truck

Adalah kendaraan yang berfungsi sebagai unit pembawa air untuk melakukan berbagai kegiatan diantaranya untuk penyiraman jalan tambang, karena mengingat jalan tambang adalah lahan kosong yang sangat berdebu. Penyiraman jalan tambang oleh water truck ditujukan untuk mengurangi debu yang masuk ke wilayah penduduk sebagai akibat dari proses pertambangan.

 

4. Tower Lamp

Menara lampu biasanya terdiri dari seperangkat penghasil daya berupa genset, lengkap dengan tangki bahan bakarnya. Kemudian dipadukan dengan menara hidrolik yang ketinggiannya bervariasi tergantung dari kebutuhan.

Kebanyakan tambang yang beroperasi di daerah terpencil, membuat keberadaan lighting tower ini sangat dibutuhkan. Sebab, lokasi tambang yang jauh dari jangkaun jaringan listrik, mengharuskan pasokan listrik yang independen dengan kemampuan pencahayaan yang tinggi. Oleh karena itu, syarat utama dari lighting tower ini harus mempunyai daya tahan terhadap segala cuaca dan mudah untuk dipindahkan sesuai dengan lokasi di mana aktivitas pertambangan pada malam hari dilakukan.

 

5. Fuel Truck

Truk pengangkut bahan bakar pada umumnya. Perbedaan kecil truk bahan bakar di tmabang dengan truk bahan bakar pada umumnya adalah terletak pada ban yang digunakan. Biasanya ban truk pengangkut bahan bakar di tambang menggunakan ban khusus yang handal untuk digunakan pada tanah tambang. Fungsi khusus fuel truk pada tambang adalah untuk membawa bahan bakar alat-alat berat pertambangan yang susah berpindah atau tidak dapat berpindah.

6. Water Pump

Saat proses pertambangan berlangsung, pada umumnya akan menciptakan cebakan air baru yang sangat besar dikarenakan penggalian besar-besaran yang dilakukan. Cebakan air ini akan terisi oleh air hujan dan juga air yang keluar dari tanah sebagai akibat dari tanah yang digali. Tempat berkumpulnya air ini disebut sebagai sump. Ketinggian air di sump harus dapat dikendalikan sehingga tidak dapat mengganggu proses penambangan yang berlangsung. Karena itu dibutuhkan water pump untuk menguras air yang telah terkumpul pada sump. Jenis dan tipe water pump yang digunakan sangat bergantung dengan kondisi sump pada tempat penambangan berlangsung.

 

7. Compactor

Dalam pertambangan, compactor atau roller termasuk kategori alat pemadat tanah. Alat ini dipakai untuk memadatkan tanah yang bakal dijadikan jalan, sehingga dump truck bermuatan penuh tidak akan amblas saat melewati jalan tersebut.

 

Penulis: Reno Editor: Akhsan

NEWS