logo pt bima shabartum gemilang bsg
Awal munculnya sejarah tambang batubara di Indonesia KONSULTAN TAMBANG BIMA SHABARTUM

Sejarah tambang batubara di Indonesia memiliki akar yang panjang dan menarik. Artikel ini akan menjelaskan awal munculnya tambang batubara di Indonesia, termasuk tambang pertama yang didirikan oleh perusahaan Belanda dan perkembangan penting dalam industri ini.

Tambang Batubara Pertama di Indonesia: Pangaron, Kalimantan Timur (1849)

Tambang batubara pertama di Indonesia muncul pada tahun 1849 di Pangaron, Kalimantan Timur. Inisiatif ini dijalankan oleh perusahaan swasta Belanda yang dikenal sebagai Oost-Borneo Maatschappij. Pada saat itu, eksplorasi dan penambangan batubara dimulai, memberikan dorongan awal bagi industri ini di Indonesia.

Tambang Ombilin dan Perjalanan Menuju Emmahaven (1866-1892)

Pada tahun 1866, batubara ombilin ditemukan sebagai salah satu sumber daya alam berharga di Indonesia. Namun, pengembangannya tertunda hingga tahun 1892 karena menunggu pembangunan jalan kereta api melintasi pegunungan Bukit Barisan. Jalan kereta api ini diperlukan untuk mengangkut batubara dari tambang ke pelabuhan pemuatan batubara di Emmahaven. Batubara ini kemudian akan diangkut melalui Samudera Hindia menuju Belanda.

Kontribusi Batubara untuk Perusahaan Pelayaran dan Kereta Api (1892-1919)

Penggunaan batubara semakin meningkat oleh perusahaan pelayaran nusantara dan perusahaan kereta api di Pulau Jawa serta Sumatera. Hal ini mendorong munculnya tambang batubara kedua, yaitu Tambang Bukit Asam. Operasionalnya dimulai pada tahun 1919 setelah berakhirnya Perang Dunia I. Tambang ini menjadi sangat signifikan, menghasilkan sekitar 64% dari total produksi batubara di wilayah Hindia Belanda saat itu.

Kesimpulan: 

Awal munculnya tambang batubara di Indonesia pada abad ke-19 membuka babak baru dalam sejarah ekonomi negara ini. Mulai dari Tambang Pangaron hingga Tambang Bukit Asam, perkembangan ini membantu memenuhi kebutuhan batubara di dalam negeri dan juga memainkan peran penting dalam industri transportasi, seperti perusahaan pelayaran dan kereta api. Sejarah ini menjadi dasar bagi pertumbuhan industri tambang batubara yang terus berkembang di Indonesia hingga saat ini.

 

NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *