logo pt bima shabartum gemilang bsg
Perbedaan Magnetic Separation dan High Tension Separation Dalam Pemisahan Konsentrat Mineral Galian Tambang Jasa Konsultan Tambang dan Lingkungan Terbaik Indonesia

Dalam industri pertambangan, pemisahan konsentrat mineral dari campuran galian tambang menjadi bagian krusial dalam proses pengolahan. Dua metode yang sering digunakan adalah Magnetic Separation dan High Tension Separation. Kedua metode ini berbeda dalam prinsip kerja dan aplikasi penggunaannya, memungkinkan pemisahan mineral berdasarkan sifat magnetik dan konduktivitas listriknya.

 

Magnetic Separation:

Metode Magnetic Separation memanfaatkan sifat magnetik mineral untuk memisahkan mineral tertentu dari campuran galian. Prinsip kerjanya melibatkan penggunaan magnet permanen atau elektromagnet untuk menciptakan medan magnet. Campuran mineral dimasukkan ke dalam medan magnet, dan mineral-mineral yang memiliki sifat magnetik akan tertarik dan terperangkap oleh medan magnet tersebut, sedangkan mineral non-magnetik tetap berada di tempatnya.

Aplikasi Magnetic Separation dapat digunakan untuk mengolah berbagai jenis mineral, termasuk bijih besi, ilmenit, kromit, nikel laterit, wolframit, cassiterite, titanomagnetite, dan piroksen.

 

High Tension Separation:

High Tension Separation, juga dikenal sebagai electrostatic separation atau electrostatic beneficiation, memanfaatkan perbedaan konduktivitas listrik mineral untuk pemisahan. Prinsip kerjanya melibatkan kemampuan beberapa mineral untuk menghantarkan arus listrik dengan tingkat konduktivitas yang berbeda. Mineral dengan konduktivitas tinggi akan menghantarkan arus listrik dengan baik, sedangkan mineral dengan konduktivitas rendah akan menghambat aliran arus listrik.

Proses High Tension Separation melibatkan beberapa tahapan, termasuk penghancuran bahan galian, pengumpanan ke mesin pemisah, ionisasi, dan pemisahan berdasarkan perbedaan konduktivitas.

Aplikasi High Tension Separation cocok untuk mengolah mineral seperti ilmenit, monazit, zirkon, kuarsa, feldspar, kalkopirit, dan bornit.

 

 

Kesimpulan:

 

Magnetic Separation dan High Tension Separation adalah dua metode penting dalam pemisahan konsentrat mineral galian tambang. Magnetic Separation memanfaatkan sifat magnetik mineral, sementara High Tension Separation memanfaatkan perbedaan konduktivitas listriknya. Kedua metode ini memberikan kontribusi besar dalam industri pertambangan dengan menghasilkan konsentrat mineral yang berkualitas tinggi, memungkinkan pengolahan lebih lanjut dan pemenuhan kebutuhan industri yang beragam.

NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *