Pengaruh Bucket Fill Factor dalam Produktivitas Penambangan

Bucket Fill Factor (Bff) merupakan nilai perbandingan antara besaran volume nyata yang dapat digali dengan volume maksimal secara teoritis yang didapat dari spesifikasi alat gali muat. Singkatnya, penulisan rumus Bff adalah sebagai berikut:

rumus bucket fill factor

Nilai Bff dinyatakan dalam bentu desimal, yang artinya ketika nilai Bff semakin mendekati satu maka semakin baik bagi perhitungan produktivitas penambangan.

Nilai Bff ini dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti dibawah ini:

  1. Sifat material yang digali, semakin loose material yang digali maka nilai Bff cenderung semakin besar. Artinya volume asli yang dapat digali dalam sekali penggalian, semakin mendekati volume maksimal berdasarkan teori ketika material yang digali memiliki sifat yang loose (tidak kompak)
  2. Fragmentasi material yang digali, fragmen material yang besar akan menciptakan banyak rongga, yang menjadikan volume dalam sekali penggalian semakin kecil. Sehingga nilai bff semakin kecil dan menjadikan produktivitas juga cenderung semakin kecil.
  3. Kecakapan operator, operator yang cakap dalam menggunakan alat gali cenderung memaksimalkan volume bucket semaksimal mungkin hingga bucket mencapai volume maksimalnya. Dalam keadaan tertentu, hal ini dapat meminimalkan frekuensi pemuatan sehingga meningkatkan produktivitas.

Nilai Bff dari suatu jenis material biasanya sudah di tetapkan berdasarkan nilai Bff rata-rata dari jenis material yang dimaksud. Misalnya nilai Bff material pasir biasanya diasumsikan sebesar 0.95 dalam setiap perhitungan produktivitas penggalian pasir. Begitu juga dengan nilai Bff dari jenis material lainya, seperti yang terlihat pada tabel berikut:

bucket fill factor

Penulis: Rohmah

Editor: Akhsan

NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *