logo pt bima shabartum gemilang bsg
KONSENTRASI GRAVITASI BERDASARKAN ALIRAN FLUIDA HORIZONTAL Jasa Konsultan Tambang dan Lingkungan Terbaik Indonesia

Dalam industri pertambangan, Konsentrasi Gravitasi merupakan salah satu metode efektif untuk memisahkan mineral berharga dari material tidak berharga berdasarkan perbedaan berat jenis. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang beberapa teknik konsentrasi gravitasi yang berfokus pada pemisahan dengan aliran fluida, termasuk Humphrey Spiral, Hydrocyclone, Shaking Table, dan Sluice Box. Setiap teknik ini memiliki prinsip kerja yang berbeda, namun semua bertujuan untuk menghasilkan konsentrat berkualitas tinggi yang mengandung mineral berharga.

  1. Humphrey Spiral: Pemisahan pada Bidang Vertikal Spiral

Humphrey Spiral mengandalkan hasil perpaduan hindered settling dan interstitial trickling untuk memisahkan partikel berat dan ringan. Pada proses awal, umpan akan masuk ke dalam saluran spiral dengan bentuk campuran yang hampir homogen. Proses pemisahan terjadi pada bidang vertikal, di mana partikel berat mengalir pada daerah dengan kecepatan rendah pada sisi dalam bidang spiral, sementara partikel ringan mengalir pada daerah dengan kecepatan tinggi pada sisi luar bidang spiral.

  1. Hydrocyclone: Metode Siklon untuk Pemisahan Berat Jenis

Hydrocyclone menggunakan prinsip kumpulan partikel dan air yang masuk secara tangensial ke dalam siklon pada bagian puncaknya. Partikel berat akan terlempar ke arah luar oleh gaya sentrifugal dan bergerak ke dasar hydrocyclone. Sementara itu, partikel ringan akan bergerak keluar dari bagian puncak hydrocyclone. Metode ini memisahkan mineral berharga dari material pengotor dengan efisien.

  1. Shaking Table (Meja Goyang): Pemisahan Berdasarkan Berat Jenis

Shaking Table adalah alat yang memisahkan mineral berharga dari mineral tidak berharga berdasarkan perbedaan berat jenis melalui aliran fluida tipis. Dalam proses ini, gerakan maju mundur dari head motion membantu partikel berat melaju lebih jauh dibandingkan partikel ringan. Partikel ringan akan meloncat dari riffle satu ke riffle lainnya, sementara partikel berat hanya akan menggelinding searah dengan riffle. Metode ini memungkinkan terjadinya stratifikasi untuk pemisahan yang lebih efisien.

  1. Sluice Box: Alat Pemisah dengan Riffle untuk Mineral Berat

Sluice Box memiliki bentuk kubus dengan bagian dalamnya dilengkapi dengan riffle. Riffle berfungsi untuk menahan material dengan berat jenis besar sehingga terjadi stratifikasi. Mineral berat akan tertahan di riffle dan membentuk aliran fluida turbulen, sementara mineral ringan terbawa arus. Dengan adanya riffle, terjadi arus turbulensi lokal yang membantu dalam pemisahan mineral berharga.

Keuntungan Konsentrasi Gravitasi dengan Aliran Fluida:

  • Efisiensi Pemisahan: Teknik konsentrasi gravitasi dengan aliran fluida memisahkan mineral berharga dengan efisien dan menghasilkan konsentrat berkualitas tinggi.
  • Pengolahan Endapan Plaser: Metode ini sangat efektif untuk endapan plaser seperti timah, emas, dan pasir besi.
  • Peningkatan Kadar: Proses konsentrasi meningkatkan kadar bahan galian rendah, meningkatkan nilai produk akhir.

Kesimpulan:

Konsentrasi Gravitasi dengan Aliran Fluida menawarkan teknik pemisahan mineral berharga dari material tidak berharga dengan efisien. Dengan menggunakan metode seperti Humphrey Spiral, Hydrocyclone, Shaking Table, dan Sluice Box, industri pertambangan dapat menghasilkan konsentrat berkualitas tinggi yang mengandung mineral berharga, mendukung perkembangan sektor pertambangan secara berkelanjutan.

NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *