logo pt bima shabartum gemilang bsg
Pelatihan Penanggungjawab Pengendalian Pencemaran Air (PPPA) yang disertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Ahli Lingkungan

Latar Belakang 

Pencemaran air telah menjadi isu global yang mendesak untuk diatasi. Dengan kualitas air yang semakin terancam oleh berbagai aktivitas manusia, pentingnya pengendalian pencemaran air tidak dapat dipandang remeh. Sibima Training and Development hadir dengan solusi terbaru, Pelatihan Penanggungjawab Pengendalian Pencemaran Air (PPPA), sebagai langkah konkret dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Tujuan 

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan peserta pengetahuan mendalam dan keterampilan praktis dalam mengelola pencemaran air. Dengan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), peserta akan mampu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola berbagai sumber pencemaran air limbah dengan efektif.

Manfaat

  • Peningkatan Pengetahuan: Peserta akan mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang sumber-sumber pencemaran air limbah, karakteristiknya, dan dampaknya terhadap lingkungan.

  • Keterampilan Praktis: Pelatihan ini tidak hanya memberikan teori, tetapi juga memberikan latihan praktis dalam pemilihan peralatan instalasi pengolahan air limbah, pelaksanaan pemantauan kualitas air limbah, dan tindakan keselamatan kerja.

  • Sertifikasi Resmi: Sertifikasi dari BNSP akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan diri peserta dalam menghadapi tantangan di lapangan.

  • Kontribusi Lingkungan: Dengan menjadi penanggungjawab pengendalian pencemaran air yang terlatih, peserta akan berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan hidup.

Materi Pelatihan dan Sertifikasi BNSP:

  1. Mengidentifikasi Sumber Pencemaran Air Limbah: Memahami berbagai sumber pencemaran air limbah dan cara mengidentifikasinya.

  2. Menentukan Karakteristik Sumber Pemecaran Air Limbah: Mendalami karakteristik fisik, kimia, dan biologis dari sumber pemecaran air limbah.

  3. Menilai Tingkat Pencemaran Air Limbah: Menggunakan metode penilaian untuk mengevaluasi tingkat pencemaran air limbah dan dampaknya terhadap lingkungan.

  4. Menentukan Peralatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL): Memahami berbagai peralatan dan teknologi yang digunakan dalam instalasi pengolahan air limbah.

  5. Melaksanakan Daur Ulang Olahan Air Limbah Lingkungan: Mempraktikkan proses daur ulang yang ramah lingkungan untuk pengolahan air limbah yang lebih efisien.

  6. Menyusun Rencana Pemetauan Kualitas Limbah: Menyusun rencana sistematis untuk memantau kualitas air limbah dan mengidentifikasi perubahan yang memerlukan perhatian.

  7. Melaksanakan Pemantauan Kualitas Air Limbah: Praktik langsung dalam melakukan pemantauan kualitas air limbah menggunakan teknik dan peralatan yang sesuai.

  8. Mengidentifikasi Bahaya dalam Pengolahan Air Limbah: Mengetahui berbagai bahaya yang terkait dengan pengolahan air limbah dan strategi untuk mengatasinya.

  9. Melakukan Tindakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Bahaya dalam Pengolahan Air Limbah: Memastikan keselamatan dan kesehatan kerja dalam lingkungan pengolahan air limbah dengan menerapkan langkah-langkah yang sesuai.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjadi ahli dalam pengendalian pencemaran air dengan mengikuti Pelatihan Penanggungjawab Pengendalian Pencemaran Air (PPPA) dari Sibima Training and Development. Hubungi kami melalui WhatsApp di 082374722113 untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran. Ayo tingkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda untuk menjadi bagian dari solusi menjaga keberlanjutan lingkungan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *