Sebesar Apa Cycle time Alat Gali Muat Mempengaruhi Produktivitas

Pada proses pertambangan, alat gali muat memiliki peranan yang sangat penting dalam memaksimalkan produktivitas. Alat berat gali muat seperti excavator, dapat melakukan penggalian sekaligus pemuatan material hasil penggalian ke alat angkut. Untuk memaksimalkan produktiviats, alat gali muat harus efisien dan efektif dalam melaksanakan tugasnya. Efektif efisien alat gali muat dapat dilihat dari nilai cycle time yang dimilikinya, semakin kecil cycle time alat maka semakin baik nilai produktivitas alat. Maka dengan itu, cycle time alat gali muat sangatlah berpengaruh terhadap produktivitas penambangan secara kesleuruhan.

 

Cycle time adalah waktu yang dibutuhkan oleh alat dalam melakukan satu kali pekerjaan. Dalam prakteknya cycle time adalah waktu edar yang dibutuhkan alat gali muat yang dimulai dari saat menggali sampai pada posisi mulai menggali kembali (Hadi, dkk, 2015). Formula cycle time alat gali muat dapat ditulis sebagai berikut:

 


 

Keterangan:

CTm    = Total waktu edar alat muat (menit)

Tm1     = Waktu untuk menggali dan mengisi muatan (detik)

Tm2     = Waktu ayunan bermuatan (detik)

Tm3     = Waktu untuk menumpahkan muatan (detik)

Tm4     = Waktu ayunan Kosong (detik)

(Peurifoy, 2006)

 

Dalam prakteknya, nilai cycle time suatu alat gali muat tidaklah konstan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi ni;lai cycle time alat gali muat, seperti

1.      Front kerja, sudut yang terbentuk antara tempat material yang perlu digali dengan posisi alat angkut/tempat material yang akan ditumpahkan memiliki pengaruh kepada nilai kecepatan dalam sekali ayunan (swing). Semakin besar sudut antara material dengan alat angkut maka semakin lama waktu yang diperlukan untuk alat melakukan swing, sehingga akan memperbesar nilai cycle time secara keseluruhan.

2.      Kekerasan material yang akan digali, semakin keras material yang akan di gali maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menggali material/ digging.

3.      Kecakapan operator dalam mengendarai alat gali muat tersebut, semakin cakap dan terbiasa seorang operator dalam mengendarai alat gali muat maka semakin cepat dan baik nilai cycle alat alat tersebut.

 

Apa yang dapat diperbaiki untuk mengoptimalkan cycle time alat gali muat:

1.      Memperkecil sudut yang dibentuk antara tempat material yang perlu digali dengan posisi alat angkut/tempat material yang akan ditumpahkan

2.      Melakukan maintenance alat secara berkala dan teratur, sehingga tidak terjadi gangguan ataupun kerusakan yang mengakibatkan berkurangnya performa dan kecepatan alat saat digunakan

3.      Memberikan pelatihan kepada operator, untuk menambah keahlian dan kecepatan operasi alat berat.

NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published.