logo pt bima shabartum gemilang bsg
10 HAL YANG HARUS DIKETAHUI MINING ENGINEER

10 Aspek Penting yang Harus Diketahui oleh Seorang Mining Engineer

  1. Pemahaman Geologi dalam Pertambangan

Seorang mining engineer harus memiliki pemahaman mendalam tentang sifat dan karakteristik geologi di area pertambangan sebagai dasar utama dalam pengelolaan sumber daya alam.

  1. Perencanaan dan Desain Penambangan

Keterampilan dalam perencanaan dan desain penambangan menjadi kunci untuk memastikan efisiensi operasional dan keberlanjutan pertambangan. Pemahaman mekanika batuan dan stabilitas lereng juga mendukung keberhasilan ini.

  1. Simulasi Produktivitas Alat Gali dan Alat Muat

Kemampuan untuk melakukan perhitungan dan simulasi produktivitas alat gali dan alat muat menjadi landasan strategis dalam meningkatkan efisiensi ekstraksi mineral.

  1. Drilling dan Blasting: Lingkup Pekerjaan yang Penting

Seorang mining engineer perlu memahami dengan baik scope area pekerjaan drilling dan blasting untuk mengoptimalkan proses penambangan.

  1. Dampak Lingkungan dari Kegiatan Pertambangan

Pengetahuan mendalam tentang dampak lingkungan yang mungkin ditimbulkan oleh kegiatan pertambangan menjadi elemen kritis untuk memastikan keberlanjutan industri dan keseimbangan dengan lingkungan.

  1. Pengetahuan Kualitas atau Kadar Mineral

Dengan menguasai pengetahuan di bidang kualitas atau kadar mineral yang ditambang, seorang mining engineer dapat mengoptimalkan ekstraksi sumber daya dengan lebih efektif.

  1. Teknologi Terkini dalam Industri Pertambangan

Pemahaman tentang teknologi terkini menjadi kunci untuk menjaga daya saing dalam industri pertambangan yang terus berkembang.

  1. Best Practice Ekonomi Tambang dan Valuasi

Mining engineer yang komplit akan menguasai best practice ekonomi tambang dan valuasinya, memastikan keberlanjutan operasional dan keuntungan yang maksimal.

  1. Keterampilan Manajemen Proyek

Keterampilan manajemen proyek diperlukan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi operasi pertambangan dengan efisien dan efektif.

  1. Kemampuan Komunikasi yang Efektif

Terakhir, kemampuan komunikasi dalam menyampaikan rencana penambangan dari departemen mine planning ke departemen produksi menjadi elemen penting untuk menjaga koordinasi dan kelancaran operasional.

Dengan menguasai sepuluh aspek tersebut, seorang mining engineer dapat memberikan kontribusi besar dalam mengoptimalkan keberhasilan operasional dan keberlanjutan industri pertambangan.

 

share to

NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *